Kerobokan Beach

Tulisan Pantai Keroboka
Pantai Kerobokan merupakan pantai paling populer di Buleleng timur tepatnya terletak di Desa Kerobokan Kecamatan Sawan Kabupaten Bueleleng. Di pantai ini wisatawan tak perlu merasa bosan sebab ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan mulai dari bermain pasir, mandi menggunakan papan surfing, hingga menyaksikan senja yang romantis.
Berwisata ke Buleleng rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi Pantai Kerobokan. Terletak di lokasi pedesaan pantai yang sarat dengan mitos dan legenda ini memang menjadi pantai yang sangat populer di kalangan wisatawan. Meskipun secara landscape tidak secantik pantai-pantai yang ada di Bali selatan seperti pantai kuta, pandawa dan pantai Nusa Dua yang memiliki hamparan pasir putih dan gugusan karang, Pantai Kerobokan tetap menjadi pantai paling ramai di setiap waktu.
Pura Segara
Pantai Kerobokan  memiliki garis pantai yang sangat panjang, menyatu hingga Pantai PenarukanPantai Sangsit dan pantai-pantai di sebelah barat lainnya. Konon pasir hitam yang berada di Pantai Kerobokan merupakan pasir yang berasal dari lereng merapi. Materiual vulkanik ini dibawa oleh aliran sungai. Di beberapa lokasi pasir ini berubah menjadi sand dune (gumuk pasir) yang indah dan menyerupai bentang alam padang gurun.
Guna menarik lebih banyak pengunjung, saat ini Pantai Kerobokan semakin mempercantik dirinya. Kini di samping Pura Segare sudah dibangun sebuah ikon baru berupa tulisan Objek Wisata Pantai Kerobokan yang berukuran besar. Tulisan tersebut tentu saja menjadi landmark baru sekaligus obyek foto yang indah.
Hal-hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Kerobokan adalah Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kerobokan  tak perlu merasa bosan, sebab di pantai ini ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan selain bermain air dan berjalan kaki menyusuri garis pantai. Bagi wisatawan yang datang ingin membuat tugas sekolah atau kampus pengelola pantai telah menyiapkan sarana wifiid yang bisa digunakan untuk browsing internet, di sebelah barat Pantai Kerobokan terdapat aliran sungai dengan dihiasi oleh gundukan batu-batu yang ditata dengan baik sehingga yang memiliki hobby memancing bisa mencoba spot ini.

Taman disepanjang Jalan
Pengelola telah membangun jalan melingkar menuju pantai, sehingga penggunjung tidak usah takut dengan kemacetan karena jalan sudah diatur dengan baik, disepanjang jalan menuju pantai pengunjung akan dimanjakan dengan penataan taman yang membuat mata pengunjung dimanjakan dengan tanaman-tanaman indah yang di tanam disepanjang jalan.
Sedangkan bagi pengunjung yang akan membuat acara seperti resepsi pernikahan, acara ulang tahun serta acara-acara lainnya, pengelola telah menyediakan panggung/stage dan lahan yang luas untuk pelaksanaan acara. untuk penyewaan pengunjung bisa menghubungi pihak penglola pantai.

Sunset

Di kalangan masyarakat Bali, pantai merupakan tempat yang disucikan karena pantai dipercaya sebagai tempat tirta Amerta, untuk itu Pantai Kerobokan juga digunakan untuk kegiatan upacara-upacara keagamaan yang dilaksnakan oleh warga setempat. Tiap menjelang Hari Raya Nyepi, Kompleks Pantai Kerobokan juga menjadi lokasi Upacara Melasti bagi ribuan umat Hindu di Desa Kerobokan dan sekitarnya Acara ini akan diawali dengan berjalan dari pusat Desa menuju Pantai Kerobokan kemudian diakhiri dengan melarung sesaji atau pakelem. Selain diikuti oleh umat Hindu, prosesi Melasti yang sarat dengan pertunjukan seni juga menarik banyak wisatawan.
Selain sebagai tempat untuk upacara keagamaan. Pantai Kerobokan juga sering digunakan untuk acara-acara hiburan seperti halnya lomba perahu layar yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Buleleng serta acara Fesensaw atau festival seni untuk desa-desa di wilayah kecamatan Sawan.
untuk itu tunggu apalagi mari kunjungi Pantai Kerobokan dan menikmati keindahan alam dan menikmati makanan seafood yang ada di pantai ini.

Popular posts from this blog

Mengapa Tidak Boleh Makan Ikan Jeleg/Gabus

Pentingnya Upacara Megedong-Gedongan

Apa Itu Kawitan?