Air Terjun Gitgit di Buleleng



Indonesia ini mempunyai banyak sekali air terjun, baik yang berada di gunung, di pegunungan, di dataran tinggi maupun rendah, bahkan di sekitar pantai sekalipun. Air terjun ini merupakan salah satu kekayaan wisata alam yang dimiliki Indonesia. Air terjun yang dimiliki Indonesia ada yang berukuran sangat besar/ tinggi, besar/ tinggi, sedang, hingga kecil atau rendah. Banyak air terjun yang terkenal di Indonesia, namun yang tidak terkenal lebih banyak jumlahnya. Semua air terjun indah- indah, dan hampir setiap pulau di Indonesia pasti mempunyai yang namanya air terjun. Air terjun sendiri merupakan aliran air yang terbentuk ketika ada aliran air yang jatuh dari tempat yang tinggi. Kemudian aliran air yang jatuh tadi akan menggerus dasar sungai sehingga terbentuknya cekungan yang menyerupai kolam . Air terjun ini dapat terbentuk pula karena adanya patahan yang mengenai ailiran sungai (patahan yang diatasnya adalah aliran sungai). Salah satu air terjun yang ada di Bali adalah air terjun Gitgit.
Air Terjun Gitgit adalah air terjun yang memiliki tebing tertinggi di bali utara. Bukan hanya terdapat satu air terjun saja, tetapi Gitgit memiliki banyak air terjun yang sangat indah dan menawan. Selain digunakan sebagai objek wisata, Air Terjun Gitgit juga sering digunakan sebagai tempat pemotretan oleh para photografer yang ingin memilih nuansa air terjun sebagai objeknya.



Lokasi air terjun Gitgit berada di Jalan Raya Bedugul - Singaraja, Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Dari bandara ngurah rai akan memerlukan jarak tempuh sekitar 81,7 km atau dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 36 menit versi google map, dari pusat kota Denpasar berjarak sekitar 69 km. Sedangkan dari tempat wisata danau beratan berjarak sekitar 20,4 km dan dari kota singaraja hanya berjarak sekitar 11,1 km.
Untuk mencapai lokasi obyek wisata air terjun Gitgit dari parkir pengunjung harus berjalan beberapa ratus meter melewati jalur persawahan, kebun cengkeh, dan kopi. Obyek wisata air terjun Gitgit menawarkan nuansa alam sejuk begitu khas pada daerah-daerah dataran tinggi pegunungan.
Setelah sampai ke lokasi obyek wisata air terjun Gitgit, pengunjung bisa menyaksikan keindahan alam yang terpampang depan mata. Hembusan angin sepoi-sepoi pun seraya ikut membawa embun atau uap yang diterbangkan angin menerpa wajah yang terasa begitu segar.

Terdapat pula rerimbunan pohon serta rambatan semak pada tebing yang seakan menambah kealamian obyek wisata air terjun Gitgit. Objek wisata air terjun Gitgit di Bali ini menjadi salah satu andalan Kabupaten Buleleng. Obyek wisata air terjun Gitgit ini sangat mudah ditemukan.
Pasalnya, untuk menuju obyek wisata air terjun Gitgit tersebut telah ada papan keterangan menuju ke air terjun tersebut.
Selain bisa menikmati kesegaran dari obyek wisata air terjun Gitgit, ternyata di Gitgit masih memiliki beberapa air terjun yang tak kalah menariknya untuk di kunjungi. Beberapa air terjun tersebut adalah air terjun kembar, air terjun bertingkat, dan air terjun colek pamor.
Air terjun gitgit bertingkat. Telah diketahui secara pasti bahwa air terjun Gitgit bukan hanya ada satu buah, tapi ada banyak dan beragam. Air terjun Gitgit tersebut dinamai bertingkat karena memang bentuk dari air terjun Gitgit bertingkat ini mengikuti alur bertingkat layaknya sebuah tangga.
Air terjun Gitgit kembar. Selain air terjun Gitgit bertingkat, ada pula air terjun Gitgir kembar. Air terjun yang satu ini dikatakan kembar karena air terjun ini bermuara pada satu titik yang sama dan berdampingan.

Popular posts from this blog

Mengapa Tidak Boleh Makan Ikan Jeleg/Gabus

Pentingnya Upacara Megedong-Gedongan

Apa Itu Kawitan?